griya FnF Yogyakarta

griya FnF Yogyakarta

Thursday, March 7, 2013

TIPS MERAWAT KAOS

Kini telah hadir berbagai model pakaian (busana atasan, koko, gamis, ataupun jilbab) dengan bahan dasar kaos. Agar tetap nyaman dikenakan dan awet (ya bahannya, juga warnanya), maka pakaian dengan bahan dasar kaos perlu diperhatikan perawatannya.
Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat kaos:
  1. Pada saat mencuci, pisahkan antara pakaian yang berwarna dengan yang netral.
  2. Gunakanlah deterjen yang sesuai dan rendam. Jangan merendam lebih dari 1 jam, terutama untuk kaos yang baru dipakai dan belum pernah dicuci merendamnya jangan lebih dari 30 menit.
  3. Usahakan tidak disikat atau dikucek terlalu kuat karena akan merusak serat bahan kaos. Jika sangat perlu untuk menghilangkan noda membandel, bisa menggunakan sikat yang lembut.
  4. Usahakan tidak pakai mesin cuci, karena bahan kaos akan mudah melar dan pori-porinya kasar karena beban tarik ulur dan gesekan dengan kain di sekitarnya.
  5. Jemurlah di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung, bisa di bawah kanopi, atau dibawah bayang rindangnya daun. Posisi menjemur dalam keadaan terbalik, bagian dalam kaos di bagian luar agar warna tidak cepat pudar terkena terik matahari.
  6. Setrika setelah benar-benar kering dengan suhu sedang.
  7. Simpanlah dalam keadaan dilipat, jangan digantung, untuk menjaga agar pakaian dengan bahan dasar kaos tidak cepat molor.
  8. Gunakanlah pewangi baju, agar nyaman dipakai, tidak apek, dan warna tetap awet.

Selamat mencoba semoga tips sederhana ini bermanfaat... ;)

*diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment